Beranda » Wisata Jogja » Serba-serbi Tamansari Yogyakarta

Tamansari Yogyakarta, siapa yang tidak tahu tamansari Yogyakarta. Pastinya semua orang mengetahui tamansari yang satu ini. salah satu destinasi wisata yang menyajikan berbagai keberagaman budaya di Yogyakarta. Daerah Istimewa yang bereda di selatan pulau Jawa ini memang memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah keindahan kolam dan beberapa bangunan kuno yang berdiri di daerah tamansari. Warna air yang menyejukan juga menjadi salah satu pembawa ketenangan bagi setiap pengunjungnya.

Tamansari sendiri merupakan salah satu bagian dari Keraton Yogyakarta dan menjadi salah satu tempat wisata yang juga menjadi destinasi wisata mancanegara karena memang cukup eksotis dengan berbagai jenis kolam yang indah. Namun di tamansari sendiri anda juga harus mengatur etika dan tata krama karena masih satu lokasi dengan Keraton Yogyakarta. Tamansari juga digunakan sebagai salah satu pusat pelestarian budaya dan tempat Sultan melihat beberapa pentas seni ketika di adakan di area Keraton Yogyakarta. Tamansari sendiri juga dipenuhi dengan keindahan beberapa ornamen yang ada didekat tamansari. Bahkan saat ini semakin banyak sekali pengunjung yang ingin berkunjung untuk melihat beberapa tempat pemandian kesultanan Jogja mulai dari pemandian Raja hingga pemandian umum.

Sejarah tamansari Yogyakarta.

Tamansari berdiri dimulai dari inisiatif Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengku Buwono I dimana hal ini dilakukan bertujuan sebagai penghormatan istri-istri sultan yang telah membantu pada masa peperangan. Dari ini Mangkubumi ingin memberikan apresiasi atau hadiah kepada istri-istri sultan kala itu. Saat itu pembangunan disetujui semua yang ada di Keraton dan dipilihlah seorang arsitek asal Belanda yang bernama “Demak Tegis” dan sebagai mandornya diutuslah Bupati Madiun kala itu. Sultan kala itu memerintahkan  untuk membangun pemandian indah di Umbul (mata air) di dekat Keraton dan akhirnya diberi nama Tamansari.

Dulunya tamansari dikelilingi pulau buatan dan berbau khas wewangian bunga yang di tanam di taman-taman atau pulau buatan tersebut. Namun kurun beberapa waktu sampai saat ini bunga dan danau buatan sudah tidak dilestarikan lagi, tapi jangan khawatir karena masih ada sisa-sisa peninggalan pulau buatan dan beberapa tanaman bunga walaupun tak sebanyak dulu.

Serba-serbi Tamansari Yogyakarta.

Tentunya apabila anda masuk melalui pintu utama anda akan merasakan yang namanya keindahan kemercik air dengan perpaduan tembok khas lampau yang mengitari sekeliling kolam tamansari. Apalagi Yogyakarta sendiri merupakan destinasi wisata yang tiada duanya, bahkan disana anda juga akan melihat beberapa keindahan pembagian 3 kolam besar tamansari. Pembagian tersebut yaitu Umbul kawitan atau kolam untuk para putri Raja, Umbul pamuncar atau kolam untuk para selir dan Umbul panguras atau kolam untuk para Raja. Hal ini menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang banyak ditunggu oleh setiap wisatawan.

Walaupun pada saat itu kolam atau tamansari ini hanya boleh dimasuki oleh Raja dan keluarganya, namun saat ini terbuka bebas untuk umum. Serta tak lupa apabila anda berkunjung ke area sekitar Keraton, disana juga banyak sekali hotel Jogja yang memberikan banyak sekali kenyaman dan ada pula beberapa hotel yang memberika nuansa Jawa khas Keraton.

Untuk kolam renang dan spot keindahan tembok khas tamansari sampai saat ini banyak sekali digunaka sebagai tempat foto prewedding karena memang cukup mewah dan bersih serta tak lupa gaya arsitektur belanda yang khas dengan perpaduan Jawa menjadi salah satu bukti bahwa tamansari ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Rute menuju Tamansari.

Tentunya anda tidak perlu pusing-pusing karena rute Tamansari ini cukup memuaskan hati dan gampang dicari, apalagi anda pergi dengan menggunakan paket tour Jogja pastinya akan diantar sampai tujuan bahkan ke berbagai destinasi wisata Keraton dan sekitarnya. Paket wisata Jogja yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung mulai dari Bantul hingga berbagai wisata pantai dan Keraton dapat anda nikmati dengan mudah. Apalagi rute dari luar kota yang mudah yaitu melalui stasiun Tugu menuju ke timur Jalan Wongsodirjan menuju ke Jalan Margoutomo. Setelah itu anda kanan ke Jalan Abu Bakar Ali dan anda belok kiri menuju Jalan Mataram, dari Jalan Mataram anda mengambil arah ke Jalan Mayor suryotomo dan belok kanan setelah hotel limaran Malioboro terus lurus ke arah Jalan Ahmad dahlan, lalu belok kiri ke Jalan Nyi dahlan lalu belok kanan ke Jalan Tamanan dan setelah itu lurus menuju area tamansari.

Memang jalan menuju ke rute tersebut bisa jadi disebut rute tikus karena memang banyak sekali jalan-jalan kecil yang harus anda lewati. Bahkan anda juga dapat melewati beberapa jalan lainnya yang memudahkan anda. Namun apabila anda sewa mobil Jogja tentunya akan lebih mudah apalagi saat ini banyak sekali jasa yang dibuka secara online salah satunya di https://yanutrans.com/ yang memberikan banyak sekali kelebihan untuk anda, selain profesional juga menawarkan jasa rental mobil Jogja dengan sopirnya maupun anda bawa sendiri.

Harga sudah sesuai dengan paket dan waktu yang ingin anda tempuh di Yogyakarta. Tentunya mengasyikan bukan, tidak hanya menikmati keindahan tamansari tetapi juga dapat berkeliling Jogja dengan menemukan berbagai keindahan budaya dan destinasi wisatanya. Bahkan apabila banyak waktu anda dapat pergi berkeliling Jogja dengan kepuasan tersendiri mulai dari pegunungan hingga pantai nan cantik lengkap ada di Yogyakarta.

Itulah beberapa informasi mengenai tamansari Yogyakarta semoga memberikan gambaran bagi anda apabila ingin berkunjung ke Tamansari, pastikan budget anda sesuai dengan liburan dan enaknya berlibur ke Jogja adalah murah meriah  tanpa harus merogok kocek yang lebih dalam. 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.