Beranda » Wisata Jogja » Hal Yang Patut Anda Ketahui Dari Tugu Jogja

Siapa yang tidak mengetahui mengenai tugu Jogja pastinya semua orang sudah mengetahui tugu yang satu ini, apalagi ketika mereka berunjung ke Jogja. Tugu ini merupakan salah satu tugu yang digunakan sebagai ikon khas Jogja yang menggambarkan perjuangan dan persatuan masyarakat Jogja kala itu. Sampai sekarang tugu ini masih menjadi ikon cantik masyakarat Jogja. Apalagi saat terdapat hari-hari besar Jogja seperti HUT Jogja atau karnaval tugu ini selalu dilewati dan dijadikan pusat dari acara atau keraimaian warga Jogja.

Tugu Jogja yang sebelumnya bernama tugu golog-gilig ini didirikan pada saat pemerintahan Belanda Tugu ini dibangun dua kali. Waktu itu tugu pertama yang diberi nama tugu golog golig mengalami kerusakan akibat dari gempa bumi yang melanda Yogyakarta. Tugu yang pertama dibangun oleh pemerintahan Hamengkubuwono ke I, pendiri keraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan jalan Pangeran Mangkubumi ini sudah sejak dahulu juga sering disebut “tugu pal Putih” yang mana pal juga berarti tugu.

Golong gilig ikon khas Yogyakarta.

Tentunya golog gilig ini menjadi salah satu panggilan yang mempersatukan masyarakat Yogyakarta. Dimana saat ini masyarakat Yogyakarta masih dalam masa penjajahan yang mana waktu itu masyarakat Jogja ingin sekali bebas dan merdeka dari para penjajah. Dan hal tersebut akhirnya terwujud di tahun 1945. Selain sebagai ikon Jogja ternyata dulu Yogyakarta juga pernah menjadi Ibu kota Negara republik Indonesia.

Golog gilig ini sendiri berbentuk silinder “gilig” yang diambil dari kata giling dan golog atau bulat pada puncaknya. Ini sudah menjadi salah satu ikon dengan gambaran “kawula manunggal Gusti” yang sudah tergambar oleh masyarakat Jogja.

Golog gilig saat ini lebih dikenal sebagai tugu Jogja karena memang mirip sebuah tugu dan berada di tengah pusat kota Yogyakarta. Pastinya ketika anda ke Jogja akan melewati perempatan tugu Jogja ini.

Rute menuju tugu Jogja.

Tentunya anda harus menggunakan rental mobil Jogja untuk menuju ke daerah Yogyakarta, sebelumnya rute yang anda ambil adalah terminal Prambanan apabila naik bus, dari situ anda akan diantar ke bandara yang pertama lalu tujuan kedua akan berhenti di area Tugu Yogyakarta. Untuk mempermudah akses menuju ke tugu Jogja lebih baik anda ikut dalampaket wisata Jogja karena  memang lebih mudah dan tentunya akan diantar sampai tujuan. Tidak hanya ke tugi Jogja tetapi ke berbagai daerah wisata di Jogja.

Paket wisata Jogja sendiri saat ini digemari banyak orang, selain juga bagus juga banyak dengan berbagai macam rute. Contohnya saja seperti rute ke pantai Indrayanti, Parangtritis serta pantai di Gunung Kidul yang lain. Selain itu juga bisa ke Malioboro dengan sepuasnya, wisata edukasi dan berbagai tempat wisata lainnya. untuk wisata ke beberapa universitas di Jogjakarta juga sudah cukup banyak dan anda tinggal memilih salah satu. Mulai dari UGM, UNY, UIN dan sebagainya.

Memilih wisata Jogja yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga, terutama rombongan sekolah atau komunitas memang cukup mengasyikan. Hal ini memberikan bebebarap informasi yang memang cukup menakjubkan untuk anda. komplit dengan pelayanan terbaik. Apalagi ketika anda memilih www.rentalmotorjogjakarta.com sebagai salah satu patner anda dalam berwisata di Yogyakarta.

Filosofi Tugu Jogja

 Tentunya tugu Jogja memiliki filosofi tersendiri, selain menyatakan bahwa pembentukan tugu Jogja sebagai salah satu tempat persatuan warga Jogja tetapi juga menjadi salah satu kelebihan utama untuk anda dimana anda mampu belajar  bagaimana arti dari perjuangan masyarakat Jogja untuk merebut kemerdekaan di Jogja. Bukan hanya itu saja sebagai salah satu simbol Jogja kota budaya sebagai salah satu simbol keagungan masyarakat Jogja terhadap sebuah keberagaman budaya. selain itu ada beberapa wisata di Jogja yang memberikan dampak baik bagi masyarakat Jogja salah satunya adalah memperkenalkan Yogyakarta dan pariwisatanya terhadap seluruh Dunia. Bahwa jogja merupakan salah satu tempat yang asyik untuk berkumpul bersama keluarga.

Tugu Jogja juga menjadi salah satu poros imajiner Keraton yang mana jika ditarik lurus maka akan menghubungkan laut selatan Jogja, Krapyak, Keraton Yogyakarta, Tugu, dan Gunung Merapi. Yang memang sangat memiliki sifat yang sangat sakral di Yogyakarta.

Anda akan lebih mudah mengetahui garis lurus tersebut apabila menggunakan jasa sewa mobil Jogja yang mana hal ini menjadi salah satu keuntungan karena tidak ribet dan lebih mudah dalam berpergian di area Yogyakarta dan sekitarnya.

Sewa mobil ini juga cukup mudah dan lebih praktis dari pada anda naik kendaraan umum yang memang sudah cukup sulit ketika menuju ke berbagai daerah serta boros.

serba-serbi Tugu Jogja.

Hal yang mesti anda ketahui di daerah tugu Jogja juga terdapat banyak sekali hotel Jogja yang memudahkan anda ketika berwisata, tidak bingung lagi mencari tempat karena sudah ada tempat yang nyaman untuk anda di Yogyakarta.  Paket tour Jogja juga menawarkan banyak sekali keuntungan yaitu salah satunya adalah menggunakan paket tour selain wisata yang dijamin, biasanya juga ada penginapan dan makan yang dijamin dari pihak travel. Hal ini semakin memudahkan anda bahkan membuat anda semakin betah di Jogja karena kaya akan keindahan budaya dan adat istiadatnya.

Janga lupa apabila ke Jogja mengunjungi tugu Jogja sebagai salah satu aset warisan budaya dan cagar alam yang perlu di lindungi di Jogja. Yang terpenting adalah selalu mengutamakan persatuan diantara perbedaan yang anda dengan mencerminkan adanya tugu Jogjakarta.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.