Beranda » wisata alam » Bukit Lintang Sewu Yogyakarta

Untuk Anda yang saat ini berlibur ke daerah Jogjakarta, dan menyukai objek wisata alam, tidak ada salahnya mengunjungi kawasan Bukit Lintang Sewu. Objek wisata ini memang belum telalu terkenal, bahkan terbilang masih baru. Namun tidak ada salahnya jika memasukkan objek wisata ini ke dalam paket tour Jogja yang saat ini sendang Anda lakukan.

Bukit Lintang Sewu

Tentunya Anda penasaran apa sih sebenarnya Bukit Lintang Sewu tersebut ? Bukit Lintang Sewu sendiri adalah salah satu objek wisata baru, yang dapat Anda gunakan untuk melakukan acara gathering, atau peduli pariwisata. Tempat ini sengaja dibuka dan dibuat, tanpa menggunakan investor, sehingga membuat pemandangan alam di kawasan ini tampak semakin alami.

Nama bukit Bukit Lintang Sewu ini sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti bukit seribu bintang, hal ini diambil, karena ketika malam hari, Anda dapat melihat aneka bintang dengan sangat jelas. 

Coba saja arahkan sewa mobil Jogja yang saat ini sedang Anda kendarai ke kawasan Bukit Lintang Sewu, maka Anda akan menyaksikan panorama alam yang sanga menawan, mulai dari hamparan kayu putih yang berjajar, membuat susasana terlihat lebih asri, aneka burung-burung yang hilir mudik diantara pepohonan yang ada. Bahkan jika Anda beruntung, Anda akan menyaksikan burung alap-alap, atau elang kecil, melintasi pepohonan yang ada.

Pemandangan di Bukit Lintang Sewu

Untuk menikmati pemandangan alam yang ada di kawasan Bukit Lintang Sewu ini tidak terlalu sulit. Anda cukup menaiki bukit dengan jarak sekitar 100 meter. Jalanan yang ditempuh tidak terlalu sulit, datar, terbuat dari tanah liat yang sudah mengeras. Medan yang seperti ini tentunya tidak sulit ditempuh oleh berbagai usia. Setibanya di objek wisata Jogja yang satu ini, Anda dapat meneruskan pendakian ke pepohonan pinus. Setibanya di puncak, Anda akan menikmati udara yang sejuk, serta panorama alam yang sangat indah. Hamparan pemohonan nan hijau, kota Jojga di kejauhan, serta beberapa spot menarik yang dapat Anda gunakan untuk berfoto ria. Beberapa spot yang dimaksud disini adalah adanya jembatan bamboo. Jembatan ini tepat berada di antara 2 buah gapura. Anda dapat mengambil foto di tempat tersebut, pemandangan yang diciptakan tentu saja menarik. Dengan 2 buah gapura di kanan dan kiki, berdiri diatas jembatan, dengan latar belakang pemandangan alam nan hijau, tentu sangat menarik. Ini yang menjadi salah satu foto yang tidak akan terlupakan.

Apabila cuaca sedang cerah, maka Anda akan melihat gunung merapi di bagian sisi barat bukit serta menikmati matahari terbenam yang eksotis. Jadi memang tidak salah, jika Anda memasukkan Bukit Lintang Sewu ini jadi salah satu destinasi pada paket wisata Jogja yang akanAnda ambil berikutnya.

Lokasi Bukit Lintang Sewu

Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah dimana lokasi Bukit Lintang Sewu itu berada. Bukit Lintang Sewu ini sendiri berada di dusun Karangasem, desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Objek wisata yang satu ini sangat berdekatan degan salah astu objek wisata unggulan Kebun Buah Mangunan dan juga Hutan Pinus Mengunan. Jadi ketika Anda sedang berjalan-jalan dengan menggunakan rental mobil Jogja ke kawasan ini, sekalian saja mengunjungi kawasan Bukit Lintang Sewu, untuk menikmati pemandangan yang asri.

Rute Menuju Bukit Lintang Sewu

Apabila Anda ingin mengunjungi kawasan Bukit Lintang Sewu, sedang saat ini Anda berada di daerah kota Jogja, atau ketika Anda menginap di salah satu hotel Jogja, maka sebaiknya Anda mengambil arah ke Terminal Giwangan. Dari arah terminal ini, Anda sebaiknya mengambil jalan Imogiri, terus ke arah timur, lalu ke selatan. Rute, menuju Bukit Lintang Sewu ini hampir saja ketika Anda mengunjungi kawasan Pinus Penger atau kebuh buang Mangunan. Ketika Anda sampai ke kawasan persimpangan Hutan pinus dan kebun buah Mangunan, sebaiknya ambil jalur lurus melewati hutan pinus. Hanya dengan jarak 500 meter, Anda sudah sampai di Bukit Lintang Sewu, dengan gapura di kanan jalan, yang menandakan Anda sudah tiba di kawasan tersebut.

Harga tiket masuk dan jam buka

Adapun harga tiket masuk ke kawasan ini juga cukup murah. Tiket masuk ke kawasan ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 2.000, sedangkan untuk tiket parkir motor dibandrol dengan harga Rp 2.000. tiket parkir mobil dibandrol Rp 3.000.

Lokasi wista yang satu ini mulai buka pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Apabila Anda ingin menginap sekaligus menikmati matahari terbenam dan menikmati aneka bintang, sebaiknya Anda melaporkan diri ke penyedia lokasi wisata tersebut.

Fasilitas di Bukit Lintang Sewu

Fasilitas wisata yang ada di kawasan ini terbilang cukup komplit. Seperti yang telah disebutkan di atas, kawasan ini paling pas untuk acara gathering, sehingga beberapa fasilitas sudah disediakan. Kawasan ini juga pas jika digunakan untuk acara camping ground, atau hanya sekedar berwisata saja.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas wisata Jogja yang ada di kawasan ini, antara lain memiliki beberapa spot foto, tempat parkir, gazebo, toilet, beberapa warung makan, dll.

Kawasan ini rencananya akan digunakan sebagai salah satu lokasi untuk menyelenggarakan event edukasi kebudayaan, seperti aneka sendra tari, panggung budaya yang menceritakan sejarah kerajaan Mataram, dll, Jadi untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan alam yang menarik, sekaligus menyugugkan spot fot yang menarik tidak ada salahnya untuk memasukkan mengunjungi kawasan Bukit Lintang Sewu,dan memasukkan ke dalam paket wisata Jogja.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.